Press "Enter" to skip to content

10 Akuarium Terbesar Di Dunia

Akuarium terbesar di dunia ini berada di berbagai penjuru dunia dan termasuk salah satunya ada yang berada di Indonesia. Jika sobat sedang mencari jawaban mengenai dimana sebenarnya Aquarium terbesar di dunia saat ini  berada? maka sobat sudah menemukan artikel yang sangat tepat, karena kami menyusun artikel ini berdasarkan dengan data terbaru dan terupdate.

Menurut Wikipedia, Akuarium adalah sebuah Vivarium yang biasa ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan. Kita pasti sudah sangat tidak asing dengan yang Namanya akuarium ini. Apalagi kalau kita termasuk orang yang senang dengan ikan hias.

Selain itu Kita juga sudah pasti tahu kalua Akuarium biasanya bukan hanya diisi oleh ikan hias saja, tapi ada juga diantaranya yang diisi dengan invertebrate, mamalia laut, amfibi dan juga reptil.

Memiliki sebuah akuarium menjadi salah satu hobi yang sangat popular di dunia, karena hobi ini sangat mudah dan tidak terlalu membutuhkan modal yang sangat banyak. Selain itu dengan mengubah bentuk sesuai dengan keinginan, biasanya itu akan sangat membahagiakan bagi pemilik akuarium tersebut.

Kini akuarium memiliki banyak sekali varian dan juga berbagai ukuran yang unik, salah satunya ialah akuarium yang memiliki ukuran sangat besar. dan itu menjadi topik utama pembahasan kita saat ini.

Akuarium raksasa pertama kali didirikan pada tahun 1853 di Kebun binatang London, Inggris. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, akhirnya kita bisa melihat banyak sekali aquarium besar yang bisa kita kunjungi sesekali untuk menghilangkan beban pikiran akibat terlalu Lelah bekerja.

Daftar Akuarium terbesar di dunia ini kami rangkum berdasarkan penelitian menyeluruh termasuk diantaranya ialah ukuran tangki, panel, jumlah spesies dan jumlah air yang dapat ditampung di dalam akuarium tersebut.

Daripada penasaran langsung saja kita sama sama simak penjelasan mengenai Akuarium terbesar di dunia ini. Jangan lupa siapkan kopi atau teh biar tambah betah baca artikelnya.

AKUARIUM TERBESAR DI DUNIA

10.  Oceanografic – Spanyol

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 10 Akuarium terbesar di dunia

The Oceanogràfic terletak di sebelah timur kota Valencia, Spanyol. Akuarium ini berada di dalam futuristik Cultural Complex atau Kompleks budaya yang bernama The City of Arts and Sciences yang dalam Bahasa spanyolnya disebut dengan nama Ciutat de les arts I de les ciencies.

Ocenaografis Dirancang oleh arsitek Spanyol terkenal bernama Félix Candela, Insinyur struktural Alberto Domingo dan Carlos Lazaro. Salah satu Akuarium terbesar di dunia ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 14 februari 2003

Fitur apa yang ditawarkan akuarium ini?

Akuarium Oceanografic ini terdiri dari sembilan menara bawah laut yang elegan. Ini menjadi nilai tambah bagi Oceanografic Karena dengan demikian pengunjung bukan hanya disuguhi keindahan kehidupan laut namun juga mereka dapat melihat keindahan arsitektur yang luar biasa.

Selama berwisata di Oceanografic pengunjung dapat mengetahui secara langsung perilaku dan cara hidup lebih dari 45.000 hewan dari 500 spesies berbeda, seperti lumba – lumba, beluga, walrus, singa laut, anjing laut, penguin, kura-kura, pari, ikan hiu,, ubur-ubur, dan terutama mola-mola laut yang dianggap sebagai ikan langka.

Air yang berada di dalam Akuarium terbesar di spanyol ini dipompa langsung dari pantai La Malva Rosa dengan berbagai persyaratan dan tahap tahap pemeriksaan yang ketat agar dapat memiliki kualitas terbaik bagi ekosistem 500 spesies yang hidup disana.

Selain menampung berbagai macam makhluk air, area Akuarium terbesar di dunia yang berada di urutan ke sepuluh ini juga melestarikan lebih dari 80 spesies tanaman yang mampu menambah keindahan dan menjadi daya Tarik lebih bagi setiap orang yang ingin berkunjung kesana.

Selain itu Akuarium Oceanografic  juga memiliki volume tangki yang sangat besar yang mampu menampung 42 juta liter air. Namun disana terdapat beberapa sekat atau pemisah untuk menambah pengalam luar biasa bagi setiap pengunjungnya.

Lingkungan ‘ Samudra ‘ sejauh ini merupakan yang terbesar di Oceanogràfic dengan tangki yang mampu menampung hingga 7 juta liter air. Ketika kita melewatinya, kita akan sangat merasakan bagaimana keindahan perjalanan di bawah  laut Atlantik, dari Kepulauan Canary hingga Bermuda. Terowongan di lingkungan ini memiliki tinggi 35 meter yang akan membuat kita dapat mengeamati  berbagai spesies seperti hiu pasir, hiu sapi, dan berbagai spesies lainya.

Untuk dapat masuk ke dalam laut di Oceanografic kita akan dikenakan biaya sebesar 29 EUR atau sekitar Rp 455.000. data ini kami ambil dari laman resminya yaitu oceanographic.org . namun harga ini dapat sewaktu waktu berubah tergantung kebijakan dari manajemen Oceanografic itu sendiri.

9. Hanwha Aqua Planet Jeju – Korea Selatan 

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 9 Akuarium terbesar di dunia

Hanwha Aqua Planet Jeju terletak di Pulau Jeju, 90 km di ujung selatan Semenanjung Korea. Ketika kita mengunjungi akuarium besar ini, di bangunan bagian depan kita akan melihat sebuah logo yang menampilkan ikan hiu paus, namun sebetulnya akuarium terbesar di Korea selatan ini tidak menampilkan spesies tersebut sejak tahun 2012.

alasan utamanya ialah salah satu dari dua hiu paus di Aqua Planet Jeju meninggal hanya 40 hari setelah dibawa ke akuarium tersebut. Hiu paus yang selamat dilepaskan setelah berkonsultasi dengan pejabat Provinsi Jeju dan biolog kelautan.

Hanwha Aqua Planet jeju menjadi rumah bagi 5.000 makhluk laut yang berasal dari Korea Selatan dan luar Negeri.  Tempat ini menjadi rujukan apabila kita ingin mengunjungi sebuah akuarium yang memiliki ukuran yang sangat besar Bersama keluarga, karena, selain memiliki Akuarium besar, tempat ini juga menjadi tempat serbaguna yang bisa memanjakan kita dengan hal lainnya seperti Marine science dan KZ planet.

Aqua Planet sendiri dioperasikan oleh Hanwha Hotels dan Resort Group.

Selama berada di dekat akuarium, kita juga dapat menyaksikan atraksi penyelam wanita yang akan membuat kita semakin betah dan tidak mau beranjak pergi.

Biaya masuk untuk melihat pemandangan di salah satu akuarium terbesar di dunia ini setidaknya kita harus mengeluarkan uang sebesar  39,200 won atau sekitar Rp. 469,000. Data ini kami ambil dari laman resmi mereka yaitu www.aquaplanet.co.kr

Baca Juga 7 Ikan terkecil di dunia

8. The Dubai Akuarium – UEA 

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 8 Akuarium terbesar di dunia

The Dubai Aquarium and Underwater zoo terletak di dalam Dubai Mall yang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan luasnya.  Selain itu Dubai Akuarium juga menempati posisi ke 8 dalam daftar Akuarium terbesar di dunia.

Dubai Akuarium ini terdiri dari 10 juta liter air laut dan mampu menjadi rumah bagi lebih dari 300 ikan hiu dan ikan pari. Ini akan menjadi pengalaman luar biasa bagi setiap pengunjungnya.

Jika kita mengunjungi Akuarium besar ini, kita akan diberi dua pilihan, yaitu menjadi seorang “pengamat” dan “penjelajah”. menjadi seorang pengamat maksudnya ialah kita akan berjalan melewati Aquarium Tunnel, Underwater Zoo, Observatori dan bahkan melihat secara langsung saat perawatan hewan laut dilakukan.

Sedangkan menjadi seorang penjelajah memungkinkan kita melihat secara dekat ikan ikan laut yang luar biasa seperti hiu, dugong dan lain sebagainya.

Tangki besar dari Dubai Aquarium ini dilengkapi dengan Sistem pencahayaan khusus yang bernama ‘lunar-cyclic’ yang mampu mengubah suasana tangki tergantung pada waktu di setiap harinya.

Menurut halaman resmi dari The Dubai Aquarium, Jika kita hendak berkunjung ke akuarium ini setidaknya kita harus mengeluarkan biaya 100 AED atau sekitar Rp. 384.000.  dengan jumlah yang tidak terlalu besar, kita akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan mungkin akan sangat sulit untuk kita lupakan.

7. Museum Nasional Biologi dan Akuarium – Taiwan

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 7 Akuarium terbesar di dunia

The National Museum of Marine Biology and Aquarium (NMMBA) adalah sebuah museum biologi dan yang dikelilingi taman air terbuka yang terletak di pantai selatan Taiwan. tahap perencanaan pembangunan tempat ini dimulai pada tahun 1991, dan pada tanggal 25 februari 2000 NMMBA resmi dibuka untuk umum.

Museum ini memiliki tiga fitur utama yaitu Perairan Taiwan , Paviliun Kerajaan Karang dan Paviliun World Waters. Selain itu NMMBA juga memiliki jalur bawah laut yang panjangnya mencapai 81 meter. Dan itu membuatnya menjadi salah satu terowongan bawah laut terpanjang di dunia.  

Tangki utama di dalam pameran Waters of Taiwan menampung hingga 5,7 juta liter air laut. Jendela akrilik tempat kita menyaksikan ikan ikan laut yang indah  memiliki Panjang 16,5 m dan lebar 4,85 m. selain itu tangka Waters Of Taiwan juga menyimpan satu hiu paus yang menjadi ikan terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini.

Biaya untuk mengunjungi salah satu Akuarium terbesar di dunia ini adalah 450 TWD atau sekitar Rp. 208.000. data ini kami ambil dari halaman web resmi NMMBA.

Baca Juga 10 Ikan tercepat di dunia

6.  Osaka Aquarium Kaiyukan – Jepang 

Osaka Aquarium Kaiyukan
Urutan ke 6 Akuarium terbesar di dunia

The Osaka Aquarium Kaiyukan dirancang oleh arsitek Amerika terkenal bernama Peter Chermayeff. Akuarium terbesar ke dua di Jepang ini tampil sangat stylish dari mulai bagian luar hingga bagian dalamnya.

The Osaka aquarium Kaiyukan terletak di distrik minato, Oska, Jepang. Akuarium ini selesai di bangun pada tahun 1990 yang membuatnya menjadi akuarium tertua dalam daftar Akuarium terbesar di dunia ini.

Tangki yang terbuat dari 314 ton akrilik pada Akuarium ini mampu menampung hingga 29.000 hewan dari 470 spesies yang berbeda, diantaranya ialah singa laut, pinguin, lumba-lumba, sinar, ubur-ubur dan dua hiu paus yang sangat besar. 

Beberapa tangki menjangkau beberapa lantai sehingga memungkinkan untuk mengamati binatang dari berbagai sudut pandang. Selain itu Akuarium walk-through menampilkan kehidupan laut di 16 pameran utama yang terdiri dari 27 tangki dari beberapa habitat dengan volume total 10.941 ton air.

Osaka Aquarium Kaiyukan dapat dicapai dengan berjalan kaki lima menit dari Stasiun Osaka di Jalur Kereta Bawah Tanah Osaka Municipal Chūō, dan di sebelah Tempozan Ferris Wheel.

Menurut halam resminya, jika kita hendak mengunjungi salah satu aquarium terbesar di dunia ini adalah setidaknya kita harus mengeluarkan biaya sebesar 2.300 JPY atau sekitar Rp 299.000.

5.  Cube Oceanarium – Cina 

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 5 Akuarium terbesar di dunia

The Cube Oceanarium dibuka untuk umum pada tahun 2015. Aquarium ini Terletak di Cina metropolis Chengdu yang berada di dalam gedung berdiri bebas terbesar di dunia yang bernama New Century Global. Atau Lebih tepatnya terletak di dalam Seaside City Shopping Mall.

Aquarium terbesar ke dua di China ini mampu menampung lebih dari 33.000 makhluk laut termasuk diantaranya ialah ubur-ubur terbesar di dunia.

Selain itu, Tangki utama Cube Oceanarium juga menampung dua hiu paus yang tidak terlalu besar. namun banyak juga jenis spesies lainnya yang tidak bisa kami sebutkan seluruhnya.

Cube Oceanarium untuk saat ini memegang dua Rekor Dunia Guinness. Yaitu satu untuk jendela akrilik terbesar di dunia dan yang lainnya untuk jendela akuarium terbesar di dunia  yang memiliki lebar 39,65 m dan tinggi 8,3 m.

Cube Oceanarium juga menampilkan pameran air hangat dan dingin dari Pasifik melintasi laut tropis di sepanjang Amazon ke Kutub Utara. Selain itu tangki utama Cube Oceanarium mampu menampung lebih dari 10 juta liter air.

Jika kita berniat untuk mengunjungi Cube Oceanarium maka kita setidaknya harus mengeluarkan biaya sebesar 130 CNY atau sekitar Rp. 260.000 .

4.  Akuarium Churaumi – Jepang 

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 4 Akuarium terbesar di dunia

The Churaumi Aquarium merupakan bagian dari Expo Park Ocean yang terletak di Motobu, di pulau Okinawa, Jepang. Akuarium Ini secara luas dianggap sebagai akuarium terbesar dan terbaik di Jepang.

Churaumi Aquarium menampilkan berbagai kondisi di kehidupan laut seperti terumbu karang, laut dalam dan arus Kuroshio yang mengalir melintasi kepulauan jepang.

Churaumi Aquarium memiliki 77 total tangki, dan tangki terbesar disini diberi nama dengan “Akuarium laut Kuroshio” yang memiliki Panjang 10 m, lebar 35 m yang mampu menampung 7.500 kubik air dengan kedalaman 27 m.

Dibalik kaca akrilik dinding akuarium ini, pengunjung akan dapat menyaksikan sebanyak 70 spesies ikan seperti Hiu Paus, Hiu, Pari manta, hiu banteng, hiu harimau dan masih banyak yang lainnya.

Kelahiran pari manta pada tahun 2007 merupakan kejadian pertama kali di dunia dimana pari manta melahirkan anaknya di dalam tangki aquarium, namun sayang sekali anak pari manta yang memiliki lebar 1,9 m itu hanya dapat bertahan selama 4 hari saja, pada tahun 2008 dan 2009 induk pari manta ini kembali melahirkan 1 pari manta disetiap tahunnya, dan kini 2 anak ikan pari manta itu menjadi kebanggan Churaumi Aquarium.

Harga tiket Churaumi Aquarium menurut halam resminya ialah 1.850 JPY  atau sekitar Rp 240,000 saja.

baca Juga 20 Ikan terindah di dunia

3.  SEA Aquarium – Singapura

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 3 Akuarium terbesar di dunia

The SEA Aquarium adalah singkatan dari South East Asia Aquarium. Akuarium ini terletak di Sentosa Island, Singapura dan menjadi aquarium terbesar di Asia tenggara.

Akuarium besar ini menjadi pengoleksi pari manta terbesar dunia. SEA Aquarium menjadi  salah satu akuarium terbesar di dunia dengan volume air total hingga 2.014 yang hanya dikalahkan oleh Kerajaan Samudra Chimelong.

SEA Aquarium menampung lebih dari 50,000 hewan dari 49 spesies yang berbeda, akuarium ini akan membawa para tamu dalam perjalanan bawah laut yang dimulai dari Asia Tenggara dan berlanjut melalui Teluk Arab dan Lautan Terbuka.

Yang lebih unik dari SEA Aquarium ialah mereka banyak menampung berbagai macan jenis hewan langka termasuk diantaranya ialah  hiu martil yang bergigi dan hiu silvertip yang agresif.

Biaya tiket SEA Aquarium menurut halaman resminya ialah 34 SGD atau sekitar Rp 352,000.

2.  Georgia Aquarium – Atlanta

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 2 Akuarium terbesar di dunia

The Georgia Aquarium adalah akuarium terbesar di Amerika yang terletak di Atlanta, Amerika. akuarium ini menjadi aquarium terbesar ke dua di dunia dan hanya dikalahkan oleh Aquarium kerajaan samudera Chimelong.

Di luar Asia, Georgia Aquarium adalah satu-satunya lembaga yang menampung hiu paus yang merupakan ikan terbesar di dunia,  Spesimen penting lain dari Aquarium ini termasuk paus beluga, lumba-lumba hidung botol, dan pari manta.

Hewan-hewan ditampilkan di lima galeri yang berbeda, yaitu Penyelam Tropis, Voyager Samudra, Pencarian Air Dingin, Scout Sungai, dan Dolphin Tales. Setiap galeri sesuai dengan lingkungan tertentu.

Sumbangan besar US $ 250 juta dari pengusaha Amerika Bernard “Bernie” Marcus memungkinkan peluncuran Aquarium ini yang dibuka di pusat kota Atlanta, Georgia, pada tahun 2005.

Jika kita berniat mengunjungi akuarium luar biasa ini, maka setidaknya kita harus mengeluarkan biaya sebesar 35,95 USD atau sekitar Rp 507,000.

Baca Juga 10 ikan terbesar di dunia yang masih hidup.

1. Kerajaan Samudra Chimelong,  – China

Akuarium terbesar di dunia
Urutan ke 1 Akuarium terbesar di dunia

Akuarium terbesar di dunia ini berada di dalam taman bertema “Chimelong International Ocean Resort” yang sangat besar di Hengqin (Cina). Aquarium Chimelong adalah akuarium terbesar dan terbaik di dunia yang menampilkan tidak kurang dari lima hiu paus, pari manta, karang, hiu dan lain sebagainya.

Akuarium ini tercatat di Guiness World Record sebagai “Dunia Bawah laut terbesar”. Selain itu, patung ikan hiu paus biru raksasa sepanjang 63 meter menjulang di atas bangunan aquarium chimelong, dan itu mampu menjadikannya sebagai pemandangan yang luar biasa ketika kita melihat bangunan awal dari luar area. Penghargaan untuk tangki terbesar di dunia diberikan kepada akuarium ini karena volume rekaman yang mencapai 22,7 juta liter .

Akuarium dapat dicapai dari Macau dengan bus atau taksi di ca. 30 menit atau dari Hong Kong dalam ca. 2 jam.

Biaya tiket untuk masuk ke dalam akuarium terbesar di dunia ini adalah 350 CNY atau sekitar Rp. 702,000 46 EUR),

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *