Press "Enter" to skip to content

10 Burung Tercepat di Dunia

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. mereka hadir dengan berbagai bentuk dan variasi warna yang berbeda beda. selain itu, ada satu hal yang sangat menarik dari hewan yang mampu terbang ini, yaitu mereka menjadi hewan tercepat di dunia. Peregrine Falcon mampu menempati tahta sebagai Burung tercepat di dunia sekaligus menjadi hewan tercepat di dunia. Namun apa nama burung tercepat di dunia selain Peregrine Falon? langsung saja kita sama sama simak penjelasan mengenai 10 nama burung tercepat di dunia.

BURUNG TERCEPAT DI DUNIA

10. Canvasback – 73 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 10 Burung Tercepat di dunia

Canvasback adalah bebek menyelam yang menghuni Marshes dan Rawa di seluruh Amerika Utara. Mereka memiliki lebar sayap 34 inci. Dalam penerbangan, mereka bisa mencapai kecepatan maksimum 73 mph yang membuatnya menjadi salah satu burung tercepat di dunia. Ini adalah burung yang bermigrasi. Mereka memulai migrasi di awal musim dingin, menuju Great Lakes, yang terletak di antara perbatasan AS dan Kanada. Mereka terbang dalam formasi berbentuk ‘V’ saat bermigrasi.

9. Elang Laut Abu abu – 78,9 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 9 Burung Tercepat di dunia

Elang laut abu-abu adalah burung laut besar yang berkembang biak utama di sektor Atlantik Selatan samudera Selatan. Seperti namanya, mereka memiliki kepala dan leher abu-abu kebiruan dan ekor abu-abu hitam. Dengan lebar sayap 2,2 meter , elang laut abu-abu dapat terbang dengan kecepatan maksimum 78,9 mph. Selama mencari makan mereka melakukan perjalanan dengan kecepatan normal 68 mph tanpa istirahat. Kondisi angin laut selatan memiliki pengaruh besar pada kecepatan penerbangan elang laut abu-abu. Mereka memanfaatkan badai Antartika yang kuat untuk terbang lebih cepat. Dalam kondisi seperti itu, lebar sayap besar elang laut abu-abu juga membantu mereka membuat penerbangan yang seimbang.

Baca Juga 10 binatang tercepat di air

8. Marganser dada merah – 81 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 8 Burung Tercepat di dunia

Merganser dada merah adalah bebek menyelam besar. Mereka ditemukan dalam jumlah besar di danau dan sungai air tawar di seluruh Amerika Utara dan Eropa. Merganser dada merah dewasa memiliki lebar sayap antara 2,2-2,6 kaki. Sebelum kedatangan musim dingin, mereka bermigrasi ke Kanada Utara dan Alaska dari tanah pedalaman Amerika Utara. Selama perjalanan ini, merganser berpayudara merah mencapai kecepatan maksimum 81 mph.

Danau-danau besar dan rawa-rawa serta lahan basah di Kanada Utara adalah tempat berkembang biaknya merganser berdada merah. Untuk menarik perhatian betina, burung jantan meregangkan lehernya dan mengeluarkan suara mendengkur. Burung betina akan bertelur hingga 10 telur. Merganser berdada merah terutama memakan ikan, kepiting, dan udang.

7. Angsa sayap lebar – 88 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 7 Burung Tercepat di dunia

Angsa bersayap adalah unggas air besar yang ditemukan di lahan basah di seluruh Afrika. Mereka dapat memiliki panjang antara 30-45 inci dan berat hingga 7 kg. Mereka juga memiliki lebar sayap antara 1,5-2 meter. Dengan kecepatan maksimum 88 mph, angsa bersayap memacu angsa tercepat di dunia. Angsa yang memacu sayap adalah yang terbesar dalam keluarga bebek lainnya. 

6.  Frigate Bird – 95 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 6 Burung Tercepat di dunia

Frigate bird adalah burung laut besar yang dapat ditemukan di daerah tropis di seluruh dunia. Mereka memiliki lebar sayap 2,3 meter. Dibandingkan dengan rasio berat badan, burung fregat memiliki lebar sayap terbesar di dunia. Burung fregat dapat mencapai kecepatan maksimum 95 mph. Mereka juga diketahui mengudara selama seminggu. burung fregat hanya datang ke darat untuk beristirahat dan berkembang biak. Tidak seperti burung cepat lainnya, burung fregat tidak bisa berjalan dengan baik di darat, terutama di pantai. Untuk menangkap mangsa seperti ikan terbang, kepiting, dan krustasea, burung fregat meluncur di udara dan memetik mangsanya pada saat yang tepat. Fregat menjadi hewan tercepat di udara yang berada pada urutan ke 6.

Baca Juga 10 hewan ini terlihat lucu tapi mematikan

5. Hobi Eurasia – 100 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 5 Burung Tercepat di dunia

Hobi Eurasia adalah anggota kecil keluarga elang. Mereka ditemukan di hutan terbuka, tepi sungai dan hutan di seluruh Afrika, Eropa dan Asia. Hobi Eurasia adalah burung migran yang jauh. Mereka bermigrasi ke Afrika Tengah dan Asia Selatan untuk menghabiskan musim dingin. Mereka dapat terbang dengan kecepatan maksimum 100 mph. Mereka juga dikenal karena penerbangannya yang cepat dan akrobatik.

4. Jarum leher Putih – 105 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 4 Burung Tercepat di dunia

Jarum leher putih adalah burung besar yang menghuni bukit berbatu Siberia dan Asia. Mereka juga dikenal sebagai burung berekor tulang belakang. Pada kecepatan maksimum 105 mph, swift tailed spine adalah burung tercepat di dunia. Mereka memiliki sayap melengkung panjang dan tubuh yang kuat. Ini membantu mereka untuk mencapai kecepatan luar biasa dalam penerbangan. Tulang belakang berekor cepat adalah burung yang bermigrasi. Sebelum awal musim dingin, mereka bergerak menuju Asia Selatan dan Australia. Pada akhir musim dingin mereka kembali ke tempat berkembang biak mereka.

3. Gyrfalcon – 130 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 3 Burung Tercepat di dunia

Gyrfalcons dikenal karena menjadi salah satu burung tercepat di dunia yang memiliki sayap runcing dan panjang. Gyrfalcons adalah elang terbesar di dunia. Mereka dapat memiliki panjang antara 20-24 inci dan berat hingga 1,3 kg. Mereka terbang dengan curam untuk menangkap mangsa dari ketinggian. Selama terbang, gyrfalcon bisa mencapai kecepatan maksimum 130 mph. Gyrfalcons juga memiliki kendali luar biasa atas penerbangan cepat mereka. Penerbangan gyrfalcons mencakup banyak fase. Mereka menambah atau mengurangi kecepatan dengan mengubah posisi sayap mereka. The gyrfalcons memiliki sayap runcing yang luas. Lebar sayap mereka panjangnya 50 inci dari satu ujung ke ujung lainnya.

2. Elang Emas – 200 mph

Burung Tercepat di dunia
Urutan ke 2 Burung Tercepat di dunia

Elang emas adalah raptor terbesar di Amerika Utara. Elang yang kuat ini memiliki panjang antara 26-40 inci dan berat hingga 7 kg. Elang emas juga memiliki lebar sayap 2,3 meter. Mereka terbang di atas mangsanya dari ketinggian. Selama terbang, elang emas dapat mencapai kecepatan maksimum 200 mph. Dengan sayap yang panjang dan lebar elang emas dapat terbang tinggi di udara untuk waktu yang lama. Mereka juga memiliki visi yang sangat kuat dan dapat melihat mangsa dari ketinggian. Setelah elang emas melihat mangsanya, elang itu terbang di atas mangsanya dengan kecepatan yang menakjubkan. Dengan kecepatan terbang yang tinggi dan cakar yang tajam, mereka dengan mudah menangkap mangsa. Elang emas juga bisa terbang dengan ketinggian mencapai 10.000-15.000 kaki.

Baca Juga 10 Ular terbesar di Dunia

1. Peregrine Falcon – 242 mph

Dengan kecepatan tertinggi 242 mph, elang peregrine adalah burung tercepat di dunia. Ini adalah burung pemangsa yang paling umum yang ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Elang peregrine dewasa memiliki sayap runcing panjang dengan otot yang kuat. Ini memberi mereka kecepatan luar biasa dalam penerbangan. Bulu-bulu kaku di sayap mereka juga menghindari kemungkinan terseret oleh angin. Elang peregrine menampilkan beranda spektakuler saat berburu. Mereka terbang di atas burung kecil dari atas. Biasanya serangan dari elang peregrine dapat membunuh mangsanya dalam waktu singkat karena kecepatan terbang yang menakjubkan. Tidak seperti burung lain, elang peregrine memiliki hati yang kuat dan paru-paru yang sangat efisien. Sehingga tubuh mereka mendapat pasokan oksigen yang cukup bahkan pada kecepatan tinggi yang mereka capai saat terbang.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *