Press "Enter" to skip to content

10 Hewan Tercepat di Darat

Mungkin diantara kita ada yang belum tahu mengenai hewan apa sebenarnya yang menjadi hewan tercepat di darat ini. nah Dengan alasan itulah kami disini menyajikan sebuah artikel supaya menjadi landasan wawasan dan mampu menambah pengetahuan sobat semuanya.

Hewan adalah salah satu mahluk hidup yang banyak memiliki keistimewaan. Bahkan ada diantara nya memiliki kemampuan yang jauh melebihi manusia.

jika kita membahas mengenai kecepatan, kita pasti tahu bahwa manusia tidak pernah mengalahkan hewan yang sedang berlari dengan maksimal, kecuali kita menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi agar memiliki kecepatan yang luar biasa. namun tetap saja rasanya akan sangat sulit mengejar hewan hewan tercepat di darat ini. Daripada penasaran, langsung saja kita sama sama simak pembahasan mengenai 10 Hewan tercepat di darat.

HEWAN TERCEPAT DI DARAT

10. Anjing Liar Afrika

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 10 Hewan tercepat di darat

Anjing liar afrika atau Lycaon pictus adalah hewan tercepat di darat yang berada pada urutan ke 10 yang hanya berkembang biak di Afrika. Anjing Liar Afrika memiliki ciri fisik yang berbeda dengan jenis anjing lainnya. Yaitu mereka memiliki kaki yang lebih Panjang dan hanya memiliki 4 jari per kakinya. selain itu mereka juga hidup secara berkelompok.

Anjing betina akan melahirkan 2 hingga 20 bayi yang akan langsung dirawat dan diasuh oleh setiap anggota dari seluruh kelompok mereka. Anjing liar afrika juga memiliki tingkat sosial yang luar biasa, yaitu mereka akan bahu membahu berbagi makanan dan saling tolong menolong jika ada salah satu dari kelompok mereka sedang lemah atau sakit.

Fakta lain dari anjing Liar afrika ini adalah mereka memiliki kecepatan yang luar biasa ketika berlari. Dengan kemampuan berlari pada 44 mph (71 km / jam), anjing liar Afrika biasanya menangkap mangsanya dengan cara mengejar mereka hingga mangsa merasakan kelelahan. Namun sayangnya, IUCN mengatakan bahwa salah satu hewan tercepat di darat ini kini terancam punah.

9. Jackrabbits

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 9 Hewan tercepat di darat

Jackrabbits sebenarnya adalah salah satu dari keluarga kelinci. Namun mereka memiliki kaki dan telinga lebih Panjang. Mereka ditemukan di Amerika Barat dan Amerika Utara. Panjang dari salah satu hewan tercepat di darat ini bisa hanya mencapai 50 sampai 70 cm dengan berat 4 hingga 5 kg.

Dalam jarak pendek, jackrabbits dapat mencapai kecepatan sekitar 45 mph (72 km / jam). Mereka juga dapat melompat 10 kaki (3 m) sekaligus. Beberapa bahkan diketahui memiliki lompatan 20 kaki (6 m). Jackrabbit berjalan dalam pola zigzag yang dikombinasikan dengan lompatan untuk melarikan diri dari predator.

Baca Juga 7 Hewan tercepat di dunia

8. Anjing Greyhound

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 8 Hewan tercepat di darat

Pada mulanya, Greyhound banyak digunakan untuk membantu manusia ketika berburu, namun pada abad ke 20-an, anjing ini banyak dilombakan karena memiliki kemampuan berlari yang sangat luar biasa.

Anjing Greyhound mampu berlari dengan kecepatan maksimum 46 mph atau sekitar 74 km / jam. Anjing Greyhound termasuk jenis anjing yang cukup besar, ketinggiannya mampu mencapai 76 cm dengan berat 45 kg. selain menjadi salah satu hewan tercepat di darat, anjing Greyhound juga menjadi ras anjing yang ramah dan tidak agresif.

7. Hares

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 7 Hewan tercepat di darat

Milik keluarga yang sama dengan kelinci, Mereka makan daun, batang kayu, batang, rumput, buah dan sayuran. Mereka biasanya hidup sendiri, atau berpasangan. Mereka dapat mencapai kecepatan maksimum 35 mph (56 km / jam) pada jarak pendek.

Baca Juga 10 Hewan paling pintar di dunia

6. Antelop

Hewan tercepat di darat

Antelop atau Blackbucks sekilas memang terlihat seperti kambing dengan tanduk yang tegak lurus ke atas. Mereka mendiami anak benua India dan menjadi salah satu hewan tercepat di darat dengan kecepatan 50 mph  atau 80 km / jam. Namun sayangnya, Antelop atau Blackbuck dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah oleh IUCN sejak sekitar tahun 2003.

5. Singa

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 5 Hewan tercepat di darat

Singa adalah spesies hewan dari keluarga falidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup secara berkelompok. Biasanya terdiri dari satu jantan dan banyak betina. Kelompok ini menjaga daerah kekuasaanya. Umur singa antara 10 sampai 15 tahun, tapi dalam penangkaran memungkinkan lebih dari 20 tahun.

Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan singa jantan lebih santai dan bersifat menunggu untuk meminta jatah dari hasil buruan para betinanya. Singa jantan di percaya lebih unggul dari hewan jenis kucing lainnya. Bahkan banyak orang yang menjulukinya “si raja hutan”. Terlebih Singa bisa mengejar mangsa mereka sekitar 50 mil per jam yang membuat mereka menjadi pemangsa yang sangat mematikan dan menjadi hewan tercepat di darat yang berada pada posisi ke 5.

Baca Juga 10 Gigitan hewan paling kuat di dunia

4. Wildebeest

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 4 Hewan tercepat di darat

Wildebeest adalah mamalia herbivora yang mendiami benua afrika. Ada dua spesies Wildebeest yaitu Wildebeest Biru dan Wildebeest hitam. Mereka akan melakukan migrasi tahunan dengan kelompoknya secara besar besaran untuk mencari daerah yang masih hijau dan layak untuk mereka singgahi.

Ketika di perjalanan untuk melakukan migrasi, banyak sekali ancaman dari mangsa mangsanya yang siap untuk mengepung, namun dengan kecepatan yang tinggi, ia terkadang mampu untuk melarikan diri dan kembali dengan kelompoknya. Kecepatan Wildebeest mencapai 50 mil per jam atau 80,5 km per jam. Dengan dasar itulah wildebeest menjadi hewan tercepat di darat yang berada di benua afrika.

3. Springbok

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 3 Hewan tercepat di darat

Springboks sangat cepat dan dapat mencapai kecepatan 55 mph (88 km / jam) pada jarak pendek. Mereka juga dapat berbelok tajam saat berlari dan melompat hingga 13 kaki (4 m) di udara. Mereka adalah kijang, milik suku gazelle, dan dapat ditemukan di Afrika selatan. Nama mereka berasal dari kata Afrikaans dan Belanda untuk musim semi yang berarti melompat dan bok yang berarti antelop laki-laki, atau kambing. Tidak seperti pronghorns, mereka tidak memiliki daya tahan besar dalam jarak jauh. Springbok juga merupakan simbol nasional Afrika Selatan.

2. Kijang Proghorn

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 2 Hewan tercepat di darat

Kijang ini menempati urutan kedua di antara hewan tercepat di darat setelah cheetah. Untuk jarak dekat, kijang pronghorn bisa berlari 60 mil/jam. Yang cukup menarik adalah Kijang pronghorn jauh lebih cepat dari predator yang menghuni Amerika Utara. Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa ia telah berevolusi dengan kecepatan tinggi. Kijang pronghorn memiliki sejumlah adaptasi khusus yang memungkinkannya berfungsi pada kecepatan tinggi, termasuk bantalan kaki yang empuk, atur untuk menyerap kejutan, dan organ ekstra besar yang membantu asupan udara.

Baca Juga 10 Ikan tercepat di dunia

1. Cheetah

Hewan tercepat di darat
Urutan ke 1 Hewan tercepat di darat

Hewan tercepat di darat tentu saja adalah cheetah. Hewan ini sebenarnya hanya sedikit lebih cepat dari antelope pronghorn, dan bisa mencapai kecepatan hingga 61 mil per jam. Rekor ini ditetapkan oleh seorang cheetah berusia 11 tahun pada tahun 2012 bernama Sarah.

Tidak seperti kebanyakan hewan lain dalam daftar ini, cheetah adalah predator. Ini merupakan ancaman serius bagi hewan dalam daftar ini yang menghuni wilayah geografis yang sama (tidak hanya padang rumput, tapi juga lingkungan hutan).


Cheetah adalah pelari cepat, bukan pelari jarak jauh, tapi kelincahan berpasangan dengan kecepatan yang menghasilkan serangan mematikan. Cheetah juga akselerator yang sangat cepat, dan bisa meningkatkan kecepatannya empat kali lebih cepat dari yang manusia bisa. Mereka juga bisa berhenti dengan sangat cepat. Hal ini juga menarik untuk dicatat bahwa kecepatan dan kelincahan cheetah tidak diimbangi dengan kekuatan. Cheetah cukup rapuh dan akan kalah dalam perkelahian paling banyak dengan predator lainnya. Akibatnya, mereka dengan cepat akan menyerahkan mangsa pesaing. Seekor cheetah yang terluka mungkin tidak bisa berlari dengan cepat, yang bisa membahayakan nyawa

Sumber

  • Carwardine, Mark (2008). Catatan Binatang . New York: Sterling. hlm. 11, 43. ISBN 9781402756238.
  • Nowak, Ronald M. (7 April 1999). Walker Mamalia Dunia . JHU Tekan. hal. 1193. ISBN 9780801857898.
  • Knight, Kathryn (15 Juli 2012). “Bagaimana Cheetah Mengalahkan Greyhound”. Jurnal Biologi Eksperimental . 215 (14): i – i. ISSN 0022-0949. doi: 10.1242 / jeb.075788
  • Vaughan, Terry; Ryan, James; Czaplewski, Nicholas (21 April 2011). Mamalia . Jones & Bartlett Belajar. ISBN 9780763762995.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *