Press "Enter" to skip to content

10 Ikan Lele Terbesar Di Dunia

Ikan lele terbesar di dunia tersebar di berbagai penjuru dunia, namun sayangnya jenis ikan lele yang mendiami Perairan Indonesia belum mampu masuk tiga besar dalam daftar ikan lele terbesar di dunia ini, karena memang ukuran ikan lele Indonesia jauh lebih kecil daripada semua jenis ikan lele yang ada.

Ikan lele atau ikan keli adalah ikan air tawar yang memiliki tubuh licin, memanjang tak bersisik dan tentunya memiliki beberapa lembar kumis di sekitar area mulutnya. Di Indonesia sendiri ikan ini dipanggil dengan berbagai macam nama, orang aceh memanggil ikan lele dengan sebutan “Ikan Seungko”, sedangkan di sumatera barat ikan ini dipanggil dengan sebutan “Ikan Kalang” dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ikan lele biasanya hidup di air yang tenang, seperti rawa, waduk, telaga, sawah dan bahkan mereka juga berada di perairan yang sudah tercemar seperti di got got dan selokan pembangunan. Ikan ini memiliki kemampuan bertahan hidup lebih baik daripada jenis ikan lainnya.

Lele adalah jenis ikan Nokturnal, maksudnya ialah mereka akan lebih aktif mencari makanan di malam hari, sedangkan waktu siangnya mereka banyak pergunakan untuk bersantai dan berlindung di bawah tempat tempat yang gelap.

Selain menjadi ikan yang biasa kita konsumsi, ternyata ikan lele juga memiliki banyak kegunaan, diantaranya ialah mereka mampu mengurangi kotoran kotoran apabila di taruh di perairan yang sudah tercemar, bahkan jika mereka ditempatkan di sawah, diyakini ikan ini akan mampu mengusir hama hama yang mengganggu sawah tersebut.

Di Indonesia, ikan lele sudah banyak sekali di kembangbiakan dan di ternak, namun tahukah sobat, ikan lele Dumbo yang sudah tidak asing bagi telinga kita sebenarnya adalah jenis ikan lele yang awalnya didatangkan dari Benua Afrika dan bukan ikan lokal Indonesia.

setelah kita membaca penjelasan mengenai ikan lele yang kami tuliskan di atas, kini saatnya kita menuju pembahasan yang menjadi topik utama kita kali ini, yaitu membahas mengenai “10 IKAN LELE TERBESAR DI DUNIA”, Jangan lupa siapkan kopi dan teh supaya sobat tambah betah baca artikelnya

IKAN LELE TERBESAR DI DUNIA

10. Tiger Shovelnose Catfish

 Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 10 Ikan lele terbesar di dunia

Tiger Shovelnose Catfish menempati urutan ke sepuluh dalam daftar ikan lele terbesar di dunia, lele ini adalah salah satu spesies lele Amerika Selatan terbesar yang berasal dari Suriname dan corantjin . Tiger shovelnose catfish memiliki Panjang maksimum yang luar biasa yaitu mampu mencapai 90 cm. dan biasanya, lele betina Tiger Shovelnose memiliki ukuran lebih besar daripada jantan.

Baca Juga 7 Ikan terkecil di Dunia

9. Channel Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 9 Ikan lele terbesar di dunia

Channel Catfish adalah spesies lele yang paling banyak di Amerika Utara. Lele ini berasal dari nearctic. Namun Channel Catfish kini telah di kirim ke berbagai penjuru dunia, termasuk diantaranya adalah Indonesia. Selain itu Lele ini juga dikenal dengan sebutan “Channel Cat”.

Channel Catfish dikenal memiliki penciuman yang sangat tajam dan memiliki tubuh yang besar. bahkan berat dari lele channel ini mencapai hingga 58 Pound atau 26,4 Kg. data tersebut adalah rekor dari ikan lele Channel yang diambil pada tanggal 7 juli 1964.

Baca Juga 10 ikan paling cepat di dunia

8. Gilded catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 8 Ikan lele terbesar di dunia

Lele Emas atau Gilded catfish juga memiliki nama lain yaitu Jau Catfish, mereka adalah Ikan lele yang berasal dari cekungan Orinoco dan Amazon, Amerika selatan. Gilded Catfish adalah ikan nokturnal yang lebih suka mencari makanan di malam hari.

Gilded Catfish terkadang melakukan migrasi ke sungai sungai rawan banjir dan mereka akan menjadikan muara sungai sebagai tempat pembibitan yang mereka anggap strategis. Lele Emas menjadi salah satu lele terbesar di dunia karena Panjangnya mampu mencapai hingga 140 cm dengan berat 50 kg.

7. Flathead Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 7 Ikan lele terbesar di dunia

Lele Flathead adalah lele yang berukuran besar dari Amerika Utara. Mereka memiliki panggilan lain seperti Mudcat dan atau Lele Shovelhead. Flathead catfish banyak mendiami perairan air tawar, mulai dari perairan Great Lakes Amerika hingga Meksiko.

Lele Mudcat atau Lele Flathead memiliki Panjang yang mencapai hingga 155 cm, berat dari lele inipun sangat luar biasa, yaitu mampu mencapai hingga 56 Kg. rekor ini diambil dari seekor lele flathead yang ditangkap pada tanggal 14 mei 1998.

selain menjadi salah satu lele terbesar di dunia, lele Flathead juga merupakan ikan yang memiliki durasi hidup yang lama, hasil penelitian telah membuktikan bahwa lele ini mampu hidup hingga 24 tahun lamanya.

Baca juga 20 ikan paling indah di dunia

6. Blue Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 6 Ikan lele terbesar di dunia

Blue Catfish atau lele biru adalah lele terbesar di Amerika Utara. Mereka mendiami sungai Mississippi, namun banyak orang kesulitan membedakan anatar Blue Catfish dan channel Catfish karena antara dua lele tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang tidak jauh berbeda.

Cara terbaik untuk memebedakan anatar Blue Catfish dan Channel catfish adalah dengan menghitung jumlah sinar pada sirip ekornya. Lele biru biasanya memiliki sinar lebih banyak yaitu sekitar 30 hingga 36, sedangkan lele Saluran hanya memiliki 25 hingga 29 sinar di sirip ekornya.

Panjang Blue Catfish mampu mencapai hingga 165 cm dengan berat 68 kg. namun sayangnya lele catfish menjadi ikan yang banyak di tangkap oleh manusia, bahkan sebuah penelitian memperkirakan, lele ini ditangkap lebih dari 6.000 ekor / jamnya.

5. Redtail Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 5 Ikan lele terbesar di dunia

Redtail Catfish atau lele ekor merah adalah lele berkumis Panjang dari sungai Amazon yang membenatng melintasi beberapa Negara, termasuk di antaranya Ekuador, Venezuela, Guyana, Kolombia, peru, Bolivia dan Brazil. Di Venezuela sendiri lele ini disebut dengan nama “Cajaro”, sedangkan di Brazil Redtail catfish lebih dikenal dengan sebutan “Pirarara”.

Lele ekor merah lebih dikenal sebagai ikan yang biasa menghiasi Akuarium, namun sudah pasti akuarium tersebut harus memiliki ukuran yang besar, karena ukuran lele ini Panjangnya mampu mencaapai hingga 1,8 m dengan berat  80 kg.

Lele ekor merah memiliki punggung berwarna kecoklatan dengan sirip punggung berwarna oranye dan ekor berwarna merah. Dan itu menjadi ciri yang sangat khas bagi spesies lele ini.

Baca Juga 10 Akuarium terbesar di dunia

4. Goonch Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 4 Ikan lele terbesar di dunia

Goonch Catfish atau Bagarius yarrelli adalah predator besar yang ditemukan di tepi sungai India dan Nepal, asia selatan. Namun mereka juga ditemukan di Perairan Indonesia yaitu sejauh selatan Sumatera dan Kalimantan. Lele Goonch menjadi ikan lele terbesar di Indonesia. Walaupun memang tidak bisa dipastikan apakah itu spesies yang sama atau bukan.

Panjang dari Goonch Catfish mampu mencapai hingga 2 meter dengan berat 200 pon atau 100 Kg. selain menjadi salah satu ikan lele terbesar di dunia, lele Goonch juga menjadi predator yang berbahaya bagi manusia. Dari tahun 1998 hingga  2007, Ikan lele goonch pernah menyerang manusia sebanyak 3 kali, dan serangan itu sangat berakibat fatal.

Baca Juga 10 Ikan Paling Berbahaya di Dunia

3. Piraiba Catfish

 Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 3 Ikan lele terbesar di dunia

Piraiba Catfish atau lele piraiba adalah lele terbesar di dunia di Sungai Amazon. Mereka berasal dari Cekungan Amazon, Orinoco dan Guyenas di Amerika Selatan. Mereka dikenal karena menjadi ikan santapan dan ikan aquarium yang sangat besar. Panjang lele Piraiba mampu mencapai hingga 3,6 meter dengan berat 200 Kg.

Piraiba catfish sebagian besar memiliki perilaku Piscivora atau mampu menelan hewan lainnya yang lebih besar daripada ukuran tubuhnya. Dalam beberapa kasus, lele ini bahkan seringkali menyerang dan memangsa manusia.

2. Wels Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 2 Ikan lele terbesar di dunia

Wels Catfish juga dikenal dengan sebutan sheatfish, lele Wels adalah spesies asli Eropa. Namun kini mereka sudah tersebar luas di berbagai belahan dunia. Wels catfish memiliki ciri fisik kepala lebar dan pipih, itu akan membuat kita mampu membedakan ikan lele ini dengan ikan lele yang lainnya.

Panjang dari Wels Catfish mampu mencapai hingga 5 meter dengan berat 300 kg. ini menjadikan Wels Catfish sebagai lele terbesar di dunia yang berada di urutan ke dua.

Selain itu lele Wels terkadang dijadikan ikan makanan oleh sebagian orang, menurut mereka, ketika ikan ini memiliki ukuran kurang dari 15 kg, mereka akan menemukan kelezatan yang luar biasa, namun setelah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari itu, ikan ini tidak lagi dikonsumsi karena memiliki kadar lemak yang sangat tinggi.

Baca Juga 10 Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

1. Mekong Giant Catfish

Ikan lele terbesar di dunia
Urutan ke 1 Ikan lele terbesar di dunia

Mekong Giant Catfish atau Lele Mekong Raksasa adalah spesies lele terbesar di dunia yang ditemukan di lembah sungai Mekong di Asia Tenggara. Mereka memiliki tubuh berwarna abu abu dengan garis yang tidak terlalu banyak. Namun cara terbaik untuk membedakan lele ini dengan lele besar lainnya yaitu dengan melihat bagian mulanya, karena lele Mekong tidak memiliki barel dan tidak memiliki gigi.

Mekong Giant Catfish pada tahun 2005 pernah memegang rekor sebagai ikan air tawar terbesar di dunia dengan Panjang 3 meter dan berat maksimal mampu mencapai hingga 350 kg. Data tersebut tertera di halaman resmi Wikipedia.

Namun lele Mekong terbesar yang pernah tercatat adalah lele betina yang ditangkap di Thailand yang memiliki Panjang 2,7 m dengan berat 293 kg. ini adalah ikan lele terbesar di dunia 293 kg . Sayangnya, lele Mekong raksasa kini menjadi salah satu ikan yang terancam punah.

Kesimpulan

Mari kita urutkan kembali daftar ikan lele terbesar di dunia dari urutan pertama hingga ke sepuluh dengan lebih singkat. (lihat gambar di bawah ini)

ikan Lele terbesar di dunia

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *