Press "Enter" to skip to content

10 Ikan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup

Jika kita melihat film film yang berkaitan dengan ikan dan lautan, maka kita mungkin tidak akan asing lagi dengan Ikan Ikan terbesar di dunia yang masih hidup ini, karena memang faktanya mereka ini masih banyak kita temukan di lautan bebas di seluruh dunia, walaupun sebagian dari mereka ada yang sudah dinyatakan sebagai “ikan yang terancam punah”.

Ikan adalah makhluk air yang bernafas dengan insang. Mereka hadir dengan berbagai macan jenis dan warna yang berbeda beda. Ikan banyak kita temui di berbagai tempat di seluruh dunia dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda beda.

Namun apakah sobat tahu, apa jenis ikan paling besar di dunia yang masih hidup hingga saat ini ?.  untuk menjawab hal itu kami sengaja dengan khusus membuat artikel yang berjudul “IKAN TERBESAR DI DUNIA YANG MASIH HIDUP

Ikan menjadi salah satu mahluk hidup yang banyak dikagumi oleh manusia, hal itu terjadi karena ikan memiliki keunikan dan kelebihan daripada manusia. Mungkin ada sebagian diantara kita yang bertanya, memang ada ya ikan yang memiliki kelebihan daripada manusia? Faktanya memang ada sob.

Coba kita tela’ah sama sama,  ikan menjadi mahluk hidup tercepat di dunia yang menempati urutan ke 3 di dunia yang hanya dikalahkan oleh dua burung, yaitu burung Frigate dan Peregrine Falcon.

selain itu ikan juga memiliki kelebihan ukuran dari segi ukuran, mereka mampu 20 kali lipat lebih besar daripada manusia. untuk hal itulah kami disini sangat tertarik untuk menuliskan artikel jenis Ikan terbesar di dunia yang masih hidup ini. Daripada penasaran, mari kita sama sama simak penjelasan nya.

IKAN TERBESAR DI DUNIA YANG MASIH HIDUP

10. HOODWINKER SUNFISH

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 10 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Pada urutan ke sepuluh dalam daftar ikan terbesar di dunia yg masih hidup ditempati oleh Hoodwinker Sunfish atau “Ikan matahari penipu”, tapi ko gak enak gitu ya Namanya?. Entahlah mungkin itu sudah menjadi suratan takdir dari yang Maha Kuasa. (hehe Garing).

ikan ini telah ditemukan kembali setelah hampir 3 abad yang lalu dinyatakan hilang dari daftar spesies yang masih hidup. Alasan Lolosnya Hoodwinker dari sejarah taksonomi sebagian besar karena mereka sangat sulit untuk dilestarikan dan dipelajari, bahkan bagi institusi sekelas museum sejarah alam sekalipun. Selain itu Ikan Hoodwinker Sunfish juga sering disebut sebagai “Mola tecta” ‎yang berasal dari Bahasa latin yang berarti penyamaran.

Hoodwinker Sunfish pertama kali ditemukan kembali 3 tahun yang lalu oleh para nelayan di perairan dingin Selandia baru dalam keadaan terdampar.

Namun setelah diteliti oleh para ahli, jenis ikan ini masih banyak berada di lautan, walaupun jumlah mereka tidak sebanyak yang kita harapkan.

Selain itu mereka adalah jenis ikan soliter. Dengan itulah mereka sangat sulit untuk dideteksi keberadaannya. Fakta lain ikan Hoodwinker Sunfish ini adalah mereka memiliki Panjang mencapai 3 meter dengan berat yang bisa mencapai 2 ton.

9. MOLA SHARPTAIL

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 9 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Mola Sharptail adalah spesies besar yang ditemukan di perairan tropis dan yang memiliki iklim sedang. Nama lain dari ikan ini adalah “Mola mola sirip tajam”.

mereka banyak menghabiskan siang harinya di kedalaman 5 sampai 200 m dan lebih memilih suhu air diatas 20 celcius.  Sedangkan malam hari, mereka lebih senang berada di kedalaman 100 sampai 250 m. Maka tidak heran jika ikan ini sangat jarang terlihat di permukaan.

ikan bertulang terbesar di dunia ini panjangnya mampu mencapai 3,4 m dengan berat mencapai 2 ton.  Mereka memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis mola lainnya, namun mereka sebetulnya memiliki ciri fisik yang dapat dibedakan, yaitu memiliki tubuh oval dengan dahi cembung, mata yang lebih maju di bagian kepala, pangkal sirip punggungnya lebih Panjang daripada sirip ekor. Tubuhnya ditutupi dengan dentikel kecil yang lebih halus daripada semua jenis mola dan warna keperakan dengan bagian atas berwarna kecoklatan.

itulah ciri fisik Mola Sharptail fish yang menjadi titik perbedaan dengan semua jenis mola yang ada. Namun ikan ini Jarang ditemui dan sangat sedikit yang mengetahui tentang biologi atau sejarah kehidupan dari mola sharptail.

Baca Juga 10 Ikan tercepat di dunia

8. STURGEON BELUGA

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 8 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup berikutnya adalah Sturgeon beluga, Mereka adalah spesies ikan anadrom dari keluarga Beluga. Sebutan lain dari salah satu ikan terbesar di dunia ini adalah “BELUGA KAVIAR”. Mereka menjadi jenis ikan dengan durasi hidup yang sangat Panjang, yaitu mampu memiliki umur sampai 118 tahun.

sayangnya spesies ikan Sturgeon Beluga ini telah dinyatakan jauh berkurang dan menjadi salah satu jenis ikan yang terancam punah. Itu semua tidak lain disebabkan oleh perbuatan tangan manusia yang sangat tidak bertanggungjawab. Penangkapan ikan yang berlebihan dan pemburuan liar menjadi faktor utama dibalik berkurangnya spesies mereka. Namun dengan itu pula, banyak Pemerintahan Negara terdorong untuk melindungi jenis ikan ini.

Sturgeon Beluga adalah Predator besar yang banyak memakan ikan ikan yang lebih kecil darinya, namun terkadang mereka juga memakan unggas air dan juga anjing laut.

Seperti halnya jenis beluga yang lainnya, Beluga Kavier akan melakukan migrasi ke hulu sungai untuk bertelur, walaupun jarak itu mencapai 1000 km panjangnya. Sayangnya, bendungan tinggi membuatnya terhalang untuk melakukan migrasi yang membutuhkan waktu yang lama tersebut.  Selain itu Beluga Kaviar menjadi “ikan terbesar di air tawar” dengan berat 1.571 kg dan Panjang mencapai 7,2 m.

7. MOLA MOLA ALEXANDRIANI

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 7 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Mola mola Alexandriani ini juga dikenal dengan sebutan Sunfish Ramsay dan Sunfish laut selatan. Mereka banyak ditemukan di belahan Bumi selatan dan terkadang sesekali memperlihatkan keindahannya di permukaan untuk menghangatkan tubuhnya setelah menyelam lama karena mencari mangsa dan mengisi cadangan oksigen.

Selain itu mola Alexandria memiliki mulut yang relatif lebih kecil dengan gigi yang menyatu dengan paruh. Panjang dari salah satu ikan terbesar di dunia ini mampu mencapai hingga 3,3 m dengan berat 2,3 ton. Mereka banyak memangsa ubur ubur, ikan kecil, plankton dan lain sebagainya. Seperti ikan Mola lainnya, tubuh ikan Mola Alexandriani ini datar dan bulat. namun Berbalik dengan mola sharptail, Kulit mereka memiliki dentikal yang lebih kasar dengan warna coklat dan abu abu.

Baca Juga 20 Ikan paling indah di dunia

6. MOLA MOLA LAUT

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 6 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

mereka lebih dikenal dengan sebutan mola mola laut atau Sunfish laut selain itu Mereka juga terkenal menjadi salah satu ikan bertulang terberat di dunia, terutama ketika mereka telah beranjak dewasa, yaitu bisa mencapai 274 kg hingga 1 ton. Mereka adalah spesies asli laut di daerah tropis dan subtropics. Selain itu, ikan mola mola laut betina mampu menghasilkan telur yang jauh lebih banyak daripada jenis ikan vertebrata lainnya. Bahkan menurut laporan dari Wikipedia, telur yang dihasilkan tersebut hingga berjumlah 300.000.000 sekaligus.

Ketika mereka berenang di lautan, banyak sekali ancaman yang akan datang kepada mereka, terutama predator alami mereka seperti singa laut, paus, dan ikan hiu. Namun Diluar dari pembahasan itu, jenis ikan ini dianggap sebagai jenis ikan yang memiliki daging yang sangat lezat di sebagian belahan dunia, diantaranya ialah Negara Jepang, Korea dan Taiwan.

Bentuk tubuh mola mola laut ini tidak jauh berbeda dengan jenis mola lainnya, yaitu memiliki tubuh bulat, tekstur kasar dan warnanya yang  keabu abuan.

Selain itu dalam Bahasa inggris kita menamai jenis ikan ini dengan sebutan Sunfish, itu diakibatkan karena jenis ikan ini memiliki kebiasaan berjemur di panasnya terik matahari.

5. MANTA BIROSTRIS

 Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 5 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Manta Birostris adalah jenis ikan ray terbesar di dunia yang memiliki nama lain “manta Ray Samudra Raksasa”. Mereka mendiami laut di daerah tropis dan subtropics, namun kadang mereka juga mendiami perairan iklim sedang.

Manta Birostris menjadi salah satu ikan terbesar di dunia yang masih hidup dengan ukuran yang sangat besar. Yaitu Panjangnya bisa mencapai hingga 7 m dengan berat sekitar 3 ton. Tetapi ukuran rata ratanya tidak sampai 7 m. melainkan hanya mencapai 4.5 m. selain itu, ciri fisik ikan ini ialah memiliki sirip segitiga yang besar di kedua sisi tubuhnya.

Mereka biasanya lebih menyukai kedalaman dan menjaga jarak dengan manusia, dengan hal itu pula Manta Birostris akan bermigrasi mengikuti arus baik sendirian atau dengan sesame spesiesnya yang lain.

Namun ada hal yang unik dari jenis ikan ini, yaitu mereka menjadi salah satu jenis ikan yang cerdas, itu disebabkan oleh kebiasaannya ketika mencari makanan, mereka akan secara perlahan mengintip mangsa yang tanpa sadar telah mereka giring ke pusaran spesies mereka, ketika berada diantara gundukan spesiesnya, Mereka akan dengan cepat memangsa ikan ikan kecil dan juga plankton dengan mulut mereka yang sangat besar.

Selain itu mereka juga menjadi spesies ikan yang sangat cepat ketika berenang, bahkan kecepatannya mampu mencapai 24 km / jam.

Baca Juga 10 Ikan paling berbahaya di dunia

4. TIGER SHARK

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 4 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Tiger Shark atau Hiu macan adalah satu satu nya anggota yang masih hidup dari genus Galeocerdo. Mereka adalah Predator terbesar di lautan Dengan Panjang yang mampu mencapai 5 m dengan berat mencapai 1,53 ton. dan kini mereka menjadi ikan terbesar di dunia yang masih hidup.

Tiger Shark bisa mendiami perairan tropis dan subtropics, terutama di pulau pulau pasifik tengah.

Alasan utama mereka dinamakan hiu macan karena memiliki garis garis gelap di bawah tubuhnya yang hampir menyerupai harimau, walaupun sebetulnya garis garis gelap itu akan memudar ketika mereka telah beranjak dewasa.

Hiu macan tergolong jenis “predator soliter”. Mereka akan memangsa dengan kejam jenis ikan lainnya seperti  anjing laut, burung, cumi cumi, kura kura, ular laut, lumba lumba dan bahkan mamangsa dari jenis mereka sendiri yang berukuran lebih kecil.

Namun walaupun memiliki predikat sebagai sang pemuncak predator di lautan, hiu macan terkadang dimangsa pula oleh ikan paus pembunuh, dan Ini menjadi hal yang jarang terjadi karena mereka sangat agresif dan tidak mudah untuk ditebak, dengan alasan itu pula, Hiu macan juga menjadi salah satu ikan paling berbahaya di dunia.  

3. GREAT WHITE SHARK

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 3 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Daftar selanjutnya dari jenis ikan terbesar di dunia yang masih hidup masih di tempati oleh keluarga hiu. The  Great White Shark atau hiu putih besar adalah spesies besar hiu mackerel.

namun berbeda dengan kebanyakan jenis ikan, betina ikan ini telah di teliti memiliki tubuh lebih besar daripada jantan, Bahkan tubuh betina bisa mencapai Panjang 6.1 m dengan berat yang hampir mencapai 2 ton yaitu 1,9 ton.

Menurut penelitian para ahli yang dilakukan pada tahun 2014, Hiu putih besar memiliki durasi usia yang Panjang, yaitu berkisar antara 70 tahun atau lebih.

Selain iti mereka juga menjadi pelari tercepat di lautan dengan kecepatannya yang mencapai 56 km / jam. Namun sayangnya, ikan ini telah dinyatakan oleh IUCN sebagai ikan yang terancam punah.

2.  BASKING SHARK

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 2 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Panjang dari Hiu Berjemur bisa mencapai 6 sampai 8 m. Mereka memiliki ciri fisik warna  coklat keabu abuan, kulit berbintik  dan sirip yang kuat. Mereka ditemukan di seluruh Samudra di dunia. Selain itu, Alasan memiliki nama Ikan Hiu Berjemur adalah karena kebiasaannya berjemur di permukaan untuk menghangatkan tubuh mereka yang besar.  Mereka juga memiliki gigi yang sangat banyak, yaitu bisa mencapai 100 gigi di setiap barisnya. Namun dibalik tampilannya yang sangat garang dan mengancam, sebetulnya mereka adalah hiu yang tidak membahayakan manusia.

Sebuah penelitian pada tahun 2003 mengatakan bahwa Basking hark bergerak ribuan kilometer setiap musimnya, baik itu musim dingin ataupun musim panas. Namun berbeda dengan jenis hiu lainnya, mereka termasuk jenis hiu yang lambat, yaitu hanya mencapai 3,7 kilometer / jam.

baca Juga 10 hewan paling pintar di dunia

1. WHALE SHARK

Ikan terbesar di dunia yang masih hidup
Urutan ke 1 dari Ikan terbesar di dunia yang masih hidup

Pemegang tahta sebagai “IKAN TERBESAR DI DUNIA YANG MASIH HIDUP” dimiliki oleh Whale Shark atau biasa kita sebut dengan nama Ikan Paus.

Sebuah studi pernah mengukur tubuh Ikan terbesar di dunia ini dengan hasil yang fantastis, yaitu 18,8 m dengan berat sekitar 9 ton.

Whale Shark atau ditemukan di daerah perairan terbuka di lautan tropis, durasi usia dari ikan terbesar di dunia yang masih hidup ini terbilang cukup lama, yaitu mampu mencapai Usia 70 tahun seperti ikan Hiu Putih raksasa. Namun para ahli memperkirakan bahwa umur Whale Shark bisa mencapai 130 tahun lebih lama. Selai itu mereka juga mrnjadi ikan yang tidak akan menimbulkan ancaman bagi manusia.

Selain memiliki tubuh yang sangat besar, Hiu Paus juga memiliki mulut yang besar, bahkan lebar mulut nya bisa mencapai 1,5 m. namun tidak seperti jenis hiu pada umumnya, letak mulut hiu paus berada di depan kepala dan bukan berada di bawah.

Mereka juga diketahui memiliki 5 insang yang sangat besar, kepala lebar dengan dua mata kecil di sudut depan, memiliki warna abu abu gelap dengan paruh putih dan juga kulit mereka ditandai dengan bintik bintik berwarna putih.

Tekstur kulit ikan hiu paus juga terbilang sangat kasar dengan ketebalan 15 cm. dan inti dari semua pembahasan diatas menyimpulkan bahwa ikan terbesar di dunia adalah Whale Shark.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai IKAN TERBESAR DI DUNIA YANG MASIH HIDUP hingga saat ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan juga bila ada suatu hal yang kurang berkenan untuk sobat semuanya. Jabat erat dan salam sukses untuk kita semua. amin

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *