Press "Enter" to skip to content

10 Pemain NBA Terpendek Sepanjang Sejarah

Secara tradisi, bola basket adalah permainan olahraga yang banyak dimainkan oleh mereka yang memiliki ukuran tubuh tinggi. Namun berbeda dengan orang orang ini, mereka justru memiliki tubuh yang pendek  dan bahkan ada diantaranya menjadi pemain NBA terpendek sepanjang sejarah. sebagian diantara kita mungkin ada yang bertanya, siapa sebenarnya pemain Basket terpendek di dunia ? dan untuk menjawab pertanyaan itu lah kami disini dengan khusus akan membuat sebuah artikel yang berjudul “PEMAIN BASKET TERPENDEK DI NBA” dalam sejarah nbs sejauh ini.

Bola Basket adalah olahraga berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukan bola ke dalam keranjang. Setidaknya itu adalah definisi yang dijelasKan oleh Wikipedia. Namun tentunya tidak sesederhana itu, Basket adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan, determinasi dan fisik yang kuat. tinggi badan juga pasti akan ikut andil dan sangat membantu dalam olahraga ini. Walaupun demikian, memiliki tubuh pendek bukan berarti tidak bisa menjadi pemain basket Profesional, karena faktanaya. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai Pemain NBA terpendek di dunia yang membuktikan bahwa memiliki tubuh pendek bukanlah suatu hal yang dapat menghalangi seseorang menjadi pemain basket profesional yang sukses. Langsung saja kita sama sama simak penjelasan mengenai 10 pemain NBA terpendek ini.

PEMAIN NBA TERPENDEK SEPANJANG SEJARAH

10. Charlie Criss – 5 Kaki 8 In

pemain basket terpendek
Urutan ke 10 pemain basket terpendek

Charlie Criss Adalah pebasket terpendek di dunia yang berada di urutan ke 10. Dia adalah pemain basket professional Amerika yang terlahir di Valhalla, New York. Criss memulai karir Profesionalnya di Continental Basketball Association.  Setelah itu ia bermain untuk Jendral Washington. Dengan permainannya yang luar biasa, akhirnya Criss di kontrak oleh club club yang bermain di NBA yaitu Atlanta Hawks, San Diego Clipper dan Milwauke Bucks selama 8 musim berturut turut. Criss menjadi pemain basket terpendek di NBA selama ia aktif bermain untuk klubnya. Selain Charlie Criss, ternyata ada pemain basket terpendek lainnya yang memiliki ketinggian yang sama, mereka adalah Don “Dino” Martin dan Willie Somerset yang sama sama bermain di NBA dan memiliki ketinggian yang sama pula, yaitu hanya sekitar 5 kaki 8 in.  

9. Keith Jennings – 5 kaki 7 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 9 pemain basket terpendek

Daftar pemain basket terpendek berikutnya ditempati oleh Keith “Mister” Jennings yang memiliki ketinggian hanya  5 kaki 7 in, kita mungkin bisa dengan mudah menganggap tinggi tubuhnya sebagai kelemahan, tetapi dia tidak melihatnya seperti itu. “Saya selalu merasa bahwa saya bermain lebih besar dari  pemain lainnya,” kata Jennings dalam sebuah wawancara dengan Collegehoopsnet.com. “Saya benar-benar merasa lebih mudah untuk bermain melawan orang-orang yang lebih besar, karena saya bermain di dalam dan tidak keberatan untuk berjuang untuk menang.

Jennings lulus dari East Tennessee State University pada tahun 1991. Pada 1992, ia bergabung dengan Golden State Warriors California sebagai point guard dan bermain untuk mereka hingga 1995. Dia juga anggota tim di Jerman, Spanyol, Turki, Rusia, dan Prancis. Setelah karir bermainnya, Jennings kemudian menjadi pelatih di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Virginia dan Tennessee. Dan Saat ini, ia adalah asisten pelatih di Bluefield College di Bluefield, Virginia dan dilantik menjadi Hall of Fame Atletik Universitas Atletik Tennessee Timur pada tahun 2013.

Baca Juga 17 Pemain basket tertinggi di dunia sepanjang sejarah

8. Monte Towe – 5 kaki 7 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 8 pemain basket terpendek

Towe adalah pemain basket terpendek kelahiran 27 september 1953. Point guard Monte Towe mungkin telah digambarkan sebagai underdog berkat ukuran tubuhnya yang hanya mencapai 5 kaki 7in, tetapi ketika dia mendapatkan kesempatan untuk bermain, dia lebih dari membuktikan nilainya. Pada tahun 1972, Towe mendaftarkan diri di North Carolina State University, dan ketika ia mendaftar ke tim NC State Wolfpack, pelatih kepala Norm Sloan mengalami kekecewaan yang mendalam yang diakibatkan melihat fisik towe yang sangat pendek, tetapi anggapan itu hilang ketika Towe segera terbukti sangat diperlukan di dalam permainan. Pada 1974, ia membantu memimpin tim menuju kemenangan kejuaraan nasional.

Rekan Towe yang bernama David Thompson mengatakan bahwa Towe “membawa sikap semangat pertarungan, sikap yang tidak pernah salah” kepada tim. Dia melaju melewati kompetisi seolah-olah mereka berdiri diam, dan meskipun tinggi badannya kurang, dia sangat percaya diri. Towe direkrut ke dalam Denver Nuggets dan mulai bermain untuk mereka dari 1976 hingga 1977. Setelah pensiun sebagai pemain basket profesional, Towe menjadi asisten pelatih di NC State. Dia kemudian menikmati tugas kepelatihan yang luas di sejumlah perguruan tinggi yang berbeda dan saat ini menjadi asisten pelatih di Universitas Negeri Tennessee Tengah. Pada tahun 2002, ia dilantik ke Indiana Basketball Hall of Fame.

7. Wataru Misaka – 5 kaki 7 in

 pemain basket terpendek
Urutan ke 7 pemain basket terpendek

Berukuran hanya 5 kaki 7 in, Wataru” Wat ” Misaka menjadi salah satu pemain nba terpendek di dunia kala itu ia menderita lebih banyak prasangka dan diskriminasi yang berkaitan dengan leluhur Jepangnya daripada karena tinggi badannya. Lahir di Ogden, Utah, Misaka masih di sekolah menengah pada awal Perang Dunia II. Ketika dia selesai SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Utah dan mendaftar ke Utah Utes, di mana dia membantu memimpin rekan-rekan pemainnya ke kejuaraan NCAA 1944. Setelah kuliah, Misaka bermain sebentar sebagai point guard untuk New York Knicks antara 1947 dan 1948, ia menjadi pemain Asia pertama yang berpartisipasi dalam NBA, yang kemudian dikenal sebagai Asosiasi Bola Basket Amerika. Pada tahun 1999, Misaka dilantik ke dalam Hall of Fame Olahraga Utah.

Baca Juga 10 Pemain Basket Wanita tertinggi di dunia

6. Louis Klotz – 5 kaki 7 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 6 pemain basket terpendek

Daftar selanjutnya dari pemain basket terpendek ini ditempati oleh Louis Klotz. Louis “Red” Klotz dikenang karena rambut merahnya yang cerah dan tubuhnya yang kecil yang hanya berukuran  5 kaki 7 in. Pada tahun 1947, Klotz bergabung dengan NBA’s Baltimore Bullets sebagai point guard. Lima tahun kemudian, ia membeli Liga Basket Amerika Philadelphia Sphas dan menamai mereka Jenderal Washington. Pada tahun 1953, para Jenderal diminta untuk melakukan tur dengan Harlem Globetrotters untuk secara teratur bersaing dengan mereka, dan sejak saat itu, tim Klotz telah menjadi tidak kekurangan legendaris – jika bukan karena alasan yang mungkin diharapkan. Terakhir kali Jenderal memenangkan pertandingan melawan Globetrotters adalah pada tahun 1971, dan meskipun mereka telah kehilangan lebih dari 13.000 pertandingan, Klotz selalu bermain untuk menang. Pada 1995, Klotz mengubah nama tim menjadi New York Nationals untuk “mengubah nasib mereka,” meskipun pada 2007 itu dikembalikan lagi ke Jenderal Washington. Namun yang harus digaris bawahi adalah ia kini  menjadi duta besar untuk bola basket.

5. Greg Grant – 5 kaki 7 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 5 pemain basket terpendek

Greg Grant menjadi salah satu pemain basket terpendek dalam daftar ini karena memiliki tubuh yang sangat kecil bila dibandingkan dengan sesame pemain basket lainnya. pada tahun 1989, Grant menghabiskan satu tahun dengan Phoenix Suns sebelum menandatangani dengan New York Knicks sebagai agen bebas pada tahun 1990. Pada bulan Desember 1991, ia bergabung dengan Philadelphia 76ers sebagai point guard, bermain untuk mereka sampai tahun 1993, sebelum menandatangani kontrak dengan Orlando Magic pada tahun 1994. Menjelaskan waktunya bersama 76ers, Grant mengatakan bahwa Lynam memberinya kesempatan yang “selalu ia inginkan” dan itu merupakan dorongan untuk kepercayaan dirinya. Setelah karirnya, Grant mulai menjalankan akademi olahraga di kota asalnya Trenton, New Jersey. Pada 2009, ia menerbitkan 94 Feet and Rising: The Journey of Greg Grant ke NBA dan Beyond , yang merinci rute yang tidak mungkin ke NBA.

Baca Juga 10 Manusia terkecil di dunia

4. Anthony Webb – 5 kaki 7 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 4 pemain basket terpendek

Seperti lima pemain sebelumnya dalam daftar  pemain basket terpendek ini, Anthony “Spud” Webb hanya setinggi 5’7 “- tetapi ia tidak membiarkan hal ini menghalangi karier bola basket profesionalnya. Yang mengejutkan, point guard memainkan 814 game di NBA, dengan rata-rata 9,9 poin dalam satu game. Dia pertama-tama mendapatkan perhatian nasional berkat penampilannya yang brilian untuk Midland College Chaparrals di kejuaraan junior college 1982, yang menghasilkan kemenangan 93-88 untuk Midland. Pada tahun 1983, Universitas Negeri North Carolina (NCSU) menawarkan beasiswa kepada Webb, dan ia dikenang di NCSU sebagai “satelit yang bisa melompat ke orbit.” Pada tahun 1985, Webb menandatangani kontrak dengan Atlanta Hawks, dan ia melanjutkan bermain dengan Sacramento Kings, Minnesota Timberwolves dan Orlando Magic. Webb diingat dengan baik karena memenangkan kontes slam-dunk NBA 1986 sebagai pemain  basket terpendek yang pernah melakukannya.

3. Melvin Hirsch – 5 kaki 6 in

 pemain basket terpendek
Urutan ke 3 pemain basket terpendek

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang point guard Melvin “Mel” Hirsch, namun dia menjadi salah satu pemain basket terpendek yang ketinggiannya hanya berada pada 5 kaki 6 in, ia adalah pemain terpendek ketiga sepanjang sejarah NBA. Hirsch lahir di New York pada tahun 1921, dan pada awal 1940-an ia kuliah di Brooklyn College, NY, tempat ia bermain di tim bola basket. Setelah kalah dari Manhattan College pada pertandingan terakhir musim 1941, The New York Times menulis, “Jika Brooklyn memiliki dua atau tiga Mel Hirschs, hasilnya mungkin berbeda, karena Hirsch … ada di lantai, menyelinap masuk untuk rebound dan mencegat operan sesekali. “

Pada 1946, Hirsch bergabung dengan Boston Celtics di NBA  yang saat itu masih bernama Basketball Association of America. Meskipun Celtics melewatkan babak playoff, Hirsch memainkan 13 pertandingan dan mencetak 19 poin untuk timnya. Digambarkan di atas adalah Boston Garden, yang merupakan arena rumah Celtics pada saat Hirsch bermain.

2. Earl Boykins – 5 kaki 5 in

pemain basket terpendek

Earl Boykins mulai bermain basket ketika dia masih sangat muda, sebenarnya, dia begitu kecil sehingga dia harus belajar menggiring bola dengan bola tenis. Sampai dia berusia tiga tahun, dia menyelinap ke permainan di tas olahraga ayahnya. Salah satu pemain basket terpendek ini hanya memiliki ukuran tubuh 5 kaki 5 in dan berat 133 pound, Dari 1994 hingga 1998, Boykins kuliah di Eastern Michigan University, mendaftar dengan tim bola basket Eagles, di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Amerika. Penjaga itu segera menonjol karena kepekaan pengadilannya yang luar biasa, kecepatannya, penguasaan bolanya, dan keterampilan menembak serta passingnya. Setelah lulus, ia tidak direkrut oleh tim NBA tetapi masih membuat tanda pada permainan melalui kontrak jangka pendek. Pada 2008, ia bahkan menghabiskan satu musim bersama Virtus Bologna di Liga A Italia. Tapi dia masuk ke Washington Wizards NBA pada 2009 dan melanjutkan bermain dengan Milwaukee Bucks dan Houston Rockets pada tahun-tahun berikutnya.

baca Juga 7 olahraga terpopuler di dunia

1. Tyrone Bogues – 5 kaki 3 in

pemain basket terpendek
Urutan ke 1 pemain basket terpendek

pemain basket terpendek adalah Tyrone Bogues. Tyrone “Muggsy” Bogues mendapat julukannya dari pemain tetangga ketika dia tumbuh dewasa di Baltimore, Maryland. Dia sangat bagus dalam pertahanan sehingga mereka mengklaim bahwa dia mampu “merampok” bola dari lawan. Pada ketinggian 5 kaki 3 in, Bogues adalah pemain basket terpendek dalam sejarah NBA. Mantan rekan setim Bogues, Larry Johnson mengatakan bahwa tim memberi makan “dari energinya.” Dan Spud Webb mengatakan, “Muggsy adalah percikan pada pelanggaran dan hama nyata pada pertahanan.  Dan Tidak ada lagi pujian yang lebih tinggi daripada itu semua. ”Antara tahun 1983 dan 1987, Bogues bermain basket di Universitas Wake Forest. Setelah menyelesaikan kuliah, ia direkrut ke NBA dan melanjutkan untuk bermain 14 musim, terutama sebagai penjaga untuk Charlotte Hornets. Saat ini, ia adalah pelatih kepala untuk tim bola basket United Faith Christian Academy.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *