Press "Enter" to skip to content

5 Robot Cantik ini akan membuat kamu jatuh cinta

Seiring perkembangan zaman, mungkin akan tidak asing lagi bagi kita mendengar adanya robot robot cantik yang telah dibuat dan sangat mirip dengan manusia, sekilas mungkin kita akan sedikit kesulitan menemukan perbedaan antara robot cantik ini dengan wanita wanita pada umumnya. Namun ternyata ada fakta lain yang lebih membuat kita takjub, yaitu robot robot cantik ini Bukan hanya sangat mirip dengan manusia, namun juga dikembangkan dengan kecerdasan yang luar biasa.

Tujuan para perancang robot robot cantik ini mungkina akan berbeda, namun terlepas dari itu semua robot robot cantik ini akan membuat kita sangat takjub karena kemampuan dan bentuk yang sangat mirip dengan manusia. Langsung saja kita masuk kepada pembahasannya.

5 Robot Cantik di Dunia

1. Erica

Robot cantik

Dirancang oleh Dr. Hiroshi Ishiguro, Erica adalah robot cantik pendamping percakapan. Atau lebih tepatnya robot ini dirancang hanya untuk berinteraksi dengan orang orang, walaupun percakapannya sebatas apa yang ditanamkan di file digital yang dipasang di dalam dirinya. Selain memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik, Robot cantik Erica ini memiliki desain yang sangat mirip dengan kultur orang jepang, memiliki kulit putih dan mata sipit yang membuatnya menjadi salah satu robot cantik yang sangat menakjubkan.

Proyek pembuatan robot cantik ini memerlukan kurun waktu kurang lebih hampir 5 tahun, dan orang orang jepang yang sudah menua dan hidup sendiri telah merasakan manfaat dari terbitnya robot cantik ini. Tampilannya yang menawan dan sangat responsif melengkapi kecantikan robot yang mirip dengan manusia ini.

2. Jia Jia

Robot cantik

Jia Jia adalah robot yang dapat berbicara dengan percakapan sederhana dan membuat ekspresi wajah tertentu berdasarkan permintaan. Penciptan dari robot cantik ini meyakini bahwa robot yang sangat mirip dengan manusia ini akan menjadi titik awal masa depan kerja cyborg di Cina. Selain itu, Jia jia menjadi Robot mirip manusia pertama di Tiongkok yang dirancang oleh tim insinyur di Universitas Sains dan Teknologi Cina.

Chen, pemimpin tim yang berada di belakang Jia Jia memperkirakan bahwa mungkin dalam satu dekade robot Artificially Intelligent (AI) seperti Jia Jia akan mulai melakukan berbagai tugas kasar di restoran Cina, panti jompo, rumah sakit dan rumah rumah. Chen mengklaim bahwa, “Dalam 5 hingga 10 tahun akan ada banyak aplikasi untuk robot di Cina,”

Jia Jia terlihat sangat nyata dengan rambut hitam yang tergerai dan mengenakan pakaian tradisional Tiongkok. Namun jia jia memiliki batas-batas dan kadang-kadang pertanyaan sederhana akan membuatnya bingung, itu wajar karena memang file digital yang ditambahkan pada tubuhnya belum sepenuhnya sempurna. Namun, Chen yang menjadi ketua tim proyek pembuatan robot cantic ini mengatakan timnya telah membuat kemajuan besar selama dua tahun terakhir dalam mengembangkan AI jia jia. Yaitu dia dapat memberikan jawaban sempurna untuk pertanyaan tentang cuaca hari itu, mengadakan percakapan dasar dan mengenali jenis kelamin penanya. Sungguh robot cantik yang menakjubkan.

3. Tandai 1

Robot cantik

Robot canik ini dirancang oleh Ricky Ma di Hong Kong. Dia telah menghabiskan kurang lebih satu tahun dan uang senilai $ 50.000 untuk mewujudkan robot impian masa kecilnya. Robot yang 70% dari tubuh humanoid wanita ini dibuat menggunakan cetak 3D. Dia memiliki mata yang cair dan dapat menunjukkan ekspresi wajah yang terperinci seperti mengangkat alisnya dengan terkejut dan bahkan mengedipkan mata ketika sedang diajak bicara. Berbeda dengan robot robot cantik sebelumnya yang memiliki kultur wajah asia, wajah tandai 1 lebih kental dengan wajah eropa.

4. Chihira Kanae

Robot cantik

Toshiba telah memamerkan generasi terbaru dari robot Chihira-nya di sebuah pameran dagang di Berlin. Robot cantik ini telah ditambahkan bahasa Jerman ke dalam repertoarnya. Dilaporkan bahwa sejak diluncurkan, mesin ini meningkatkan sistem kontrol alat berat agar gerakannya lebih lancar.

Toshiba membawa Droid Chihira Kanae ke pameran perjalanan ITB untuk menyoroti apa yang diharapkannya bisa menjadi produk yang layak untuk industri pariwisata. Selain itu, sekarang Robot cantik ini telah dipasang di meja informasi pariwisata di mana ia akan menanggapi pertanyaan oleh para peserta.

5. Sophia

Robot cantik

Sophia lebih dikenal sebagai robot humanoid sosial yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics bertindak sebagai ketua tim dalam pembuatan robot cerdas ini. Dia adalah robot tercanggih yang dibuat oleh Hanson sejauh ini. Shopia kini menjadi seorang selebriti karena telah melakukan  sejumlah wawancara di tv, bernyanyi di konser dan juga tampil di majalah Elle.

Shopia mendapat hak kewarganegaraan di Arab Saudi dan menjadi robot pertama yang memiliki kewarganegaraan seperti orang orang pada umumnya. Kepribadian dan penampilan Sofia telah dirancang oleh Audrey Hepburn dan istri Dr. Hanson. Selain itu robot cantik ini juga memiliki wajah yang terbuat dari “Frubber,” kulit berteknologi nano yang dapat meniru otot-otot manusia nyata dan mensimulasikan kspresi yang terlihat natural. Dia bisa tersenyum dan menggerakkan mata, mulut, dan kepalanya dengan cara yang seperti manusia lakukan.  ‘Pemikirannya’ berjalan dengan MindCloud, jaringan saraf yang dalam dan perangkat lunak AI berbasis cloud dan program analisis data pembelajaran yang mendalam.

AI dan arsitektur kognitif yang membentuk jaringan saraf Sofia memungkinkan robot cantik ini untuk mempertahankan kontak mata, mengenali wajah, memproses dan memahami ucapan dan mengadakan percakapan yang relatif alami. Kemampuan Sofia untuk meniru emosi manusia akan membantunya menjadi bagian dari kondisi manusia saat ia memperoleh kecerdasan melalui algoritma pembelajarannya. Dia diyakini mampu mengekspresikan 62 emosi manusia. Robot yang sangat menakjubkan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *